Thursday, May 1, 2014

Trik Make Money dengan menjual Foto

 
Trik Make Money dengan menjual Foto - belum lama ini Admin pernah menulis tentang peluang mendapatkan uang dengan menjual stok fhoto, dan Admin juga sudah memberikan daftar situs tempat Kamu  menjual foto.

Nah, kali ini Admin mencoba memberi panduan lengkap bagaimana Kamu  bisa menghasilkan uang dengan menjual stok fhotografi yang Kamu  miliki.

Oke, sebelum kita melangkah lebih jauh, Admin ingin menyampaikan bahwa menjual Fhoto adalah benar-benar satu peluang yang dapat Kamu  jadikan sumber penghasilan.

Setiap hari, ribuan desainer dari seluruh dunia, membutuhkan stok Fhoto (terutama jika klien tidak memiliki Fhoto berkualitas tinggi milik sendiri). Sumber stok desain seperti vector, ikon, tekstur, dan image fhotografi, sangat dibutuhkan bagi para desainer. Oleh sebab itu, menjual stok grafis dan Fhoto dapat menjadi sumber penghasilan pasif yang amat bagus bagi fotografer dan desainer grafis.

Nah, melalui artikel Kamu  dapat mempelajari hal-hal tentang stok fhotografidan bagaimana bisa menghasilkan uang melalui situs-situs stok image.

Bagaimana? Mari kita mulai!

Apa itu stok fotografi?
Stok fhotografiadalah istilah yang mengacu pada suplai Fhoto atau gambar yang dapat digunakan dengan lisensi tertentu. Stok ini untuk memenuhi bermacam kebutuhan, dimana setiap hari tidak terhitung banyaknya orang yang membutuhkan Fhoto untuk website, majalah, brosur, desain web, desain grafis dan keperluan-keperluan lainnya, baik kebutuhan personal maupun bisnis.

Dari kacamata bisnis, menggunakan stok fhotografiyang telah jadi dapat memangkas banyak biaya, seperti tidak harus membayar fotografer, belum lagi kerepotan mencari lokasi pemotretan dan sebagainya. Selain jelas, dengan menggunakan stok fhotografidapat menghemat banyak waktu.

Stok image saat sudah begitu berkembang, bahkan banyak sekali fotografer yang memiliki spesialiasi untuk memenuhi kebutuhan pasar tertentu. Dan tentu saja, dari situ seorang fotografer menghasilkan banyak uang melalui situs-situs penjual stok image.

Menghasilkan uang melalui situs stok fotografi
Nah, sekarang bagaimana caranya kita memulai menjual stok Fhoto dan mulai menghasilkan uang?

Jika Kamu  adalah seorang fotografer profesional, dan ingin membagikan karya Kamu  kepada 'dunia', maka cara ini dapat Kamu  andalkan untuk meraih penghasilan tambahan.

Ya, betul sekali. Sekali Kamu  memilih website yang tepat, serta menyusun portfolio dengan baik, sembari menjaga kualitas Fhoto yang Kamu  tawarkan, sudah barang tentu, Kamu  akan segera merasakan hasilnya.

Anda beberapa cara yang bisa Kamu  lakukan untuk menghasilkan uang dengan menjual stok Fhoto secara online:

    Kamu  bisa menyimpan portfolio Kamu  di website milik sendiri. Ijinkan pengunjung mendownload beberapa di antaranya, dan beberapa yang lain Kamu  mengharuskan mereka untuk membelinya. Bahkan jika Kamu  memiliki website mandiri seperti ini, Kamu  bisa memasang iklan dari situs stok Fhoto yang Kamu  ikuti, dan Kamu  mendapat bayaran lebih.

    Kamu  juga bisa membangun gallery dan menjual Fhoto secara langsung kepada klien.

    Kamu  bisa pula menjual Fhoto untuk digunakan pada berbagai barang merchandise, seperti t-shirt, cangkir, kalender dan sebagainya.

    Jika Kamu  tidak punya website sendiri, maka Kamu  tidak perlu khawatir. Kamu  tetap bisa menghasilkan uang, Kamu  tinggal mengupload foto-foto Kamu  situ stok fhotografi, kemudian Kamu  mendapatkan uang dengan sistem bagi hasil (komisi).

Itulah cara paling umum yang digunakan untuk memulai menjual Fhoto online sebagai seorang fotografer profesional. Kamu  mungkin menemukan cara lainnya, namun disini Admin hanya akan membahas cara paling umum dan mudah dilakukan oleh siapa saja.

Dari situs fhotografimana Admin bisa menghasilkan uang?
Ada begitu banyak situs yang mengkhususkan diri sebagai tempat menjual dan membeli stok fotografi. Namun, ada yang bagus, ada yang tidak. Maka dari itu, Kamu  perlu mencari yang benar-benar telah dikenal baik di kalangan fotografer profesional dunia.

Masing-masing situs memiliki aturan dan batasan berbeda terhadap jenis Fhoto apa yang mereka cari dan mereka terima. Selain itu juga memiliki aturan yang cukup ketat terhadap masalah kepemilikan Fhoto dan masalah hak cipta dari masing-masing Fhoto yang ditawarkan.

Situs-situs yang berbeda juga menawarkan rate komisi dan aturan pembayarannya, maka dari itu perlu kiranya Kamu  mempelajari masing-masing situs secara teliti sebelum memutuskan untuk menjadi kontributor di sana.

Dan inilah 5 situs stok fhotografiutama dan paling populer yang bekerja baik dalam membayar per download dan rate komisi Kamu  akan semakin besar jika foto-foto Kamu  terjual lebih banyak lagi.

    Fotolia
    Shutterstock
    Freedigitalphotos
    Dreamstime
    iStockphoto
      

Itulah 5 situs fhotografiterbaik, Kamu  dapat dapat mendaftar menjadi kontributor secara gratis, dan mulai memajang portfolio Kamu  di sana. Namun perlu diingat, syarat kualitas agar diterima oleh mereka sangat ketat, termasuk tema-tema apa saja yang mereka terima.

Mereka sudah memiliki nama, membuat kompetisi menjadi ketat, sehingga menyebabkan agak sulit bagi 'pemula' untuk bersaing dengan baik atau bahkan ditolak menjadi kontributor. Karena itu, pastikan Fhoto Kamu  memiliki kualitas dan keunikan yang cukup baik.

Langkah selanjutnya, silakan Kamu  mendaftar pada 5 situs di atas (atau beberapa situs lain yang Kamu  suka), lalu mulai pasarkan Fhoto yang Kamu  anggap terbaik dari koleksi karya yang Kamu  punya.

Perlu Admin ingatkan, mungkin Kamu  perlu mencoba beberapa kali sampai akhirnya karya Kamu  diterima oleh mereka. Ingat pula, bahwa cepat atau lambat, pada akhirnya Kamu  akan mampu menghasilkan uang dari stok foto, yang terpenting: Kamu  tidak menyerah!

Berapa banyak uang Admin dapatkan dengan menjual foto?
Jawabannya adalah amat tergantung dari berapa banyak Fhoto yang diterima serta berapa banyak Fhoto Kamu  terjual.

Terkadang, penghasilan dengan sistem bayar per download, hanya memberi Kamu  beberapa sen (dalam US$) saja per downloadnya bila terjual melalui cara berlangganan (membership). Namun perlu diingat, nilai tersebut dapat naik dengan cepat jika Kamu  mampu menghasilkan karya berkualitas dari waktu ke waktu.

Beberapa situs stok fhotografijuga akan membayar Kamu  lebih besar jika Kamu  mencapai level tertentu berdasarkan jumlah download.

Seperti misalnya, Kamu  akan mendapatkan komisi lebih besar jika satu Fhoto telah didownload 5 - 10 kali, dibandingkan jika Fhoto tersebut baru didownload 1 kali saja.

Satu hal penting lagi lainnya, beberapa situs menawarkan komisi lebih tinggi jika Kamu  bersedia menjual karya Kamu  secara eksklusif, artinya Kamu  hanya menjualnya pada situs tersebut.

Satu hal yang sangat luar biasa dari menjual Fhoto online ini adalah, bahwa foto-foto karya Kamu  akan berkembang dengan cepat, tetap berada disana, dan akan terus menghasilkan uang bahkan jika Kamu  tidak melakukan apapun di situs tersebut.

Sekali Fhoto Kamu  terpajang, lalu terjual, Fhoto itu akan tetap ada, dan akan terus memberi penghasilan kepada Kamu  bertahun-tahun kemudian.

Foto apa yang bisa dijual dengan baik?
Pertanyaan terbaik sejauh ini, hehe.... Oke, mari kita bahas dan kita buat untuk lebih mudah dipahami.

Sebelum Kamu  memulai karir di stok fhotografi, Kamu  mesti belajar dan bersiap untuk beberapa penolakan di awal. Mungkin ada banyak Fhoto Kamu  yang disetujui, namun ada banyak pula yang ditolak karena berisi materi yang tidak cocok ataupun mengangkat isu-isu yang sudah kadaluwarsa.

Semua situs stok fhotografimenjalankan bisnis mereka berdasarkan permintaan pelanggan mereka, terutama mengenai Fhoto apa saja yang diminta lebih banyak oleh para pelanggan mereka. Karena itu, jelas mereka tidak bisa menerima semua Fhoto yang ditawarkan, karena mereka mesti menyasar target pasar mereka, bukan 'memamerkan' portfolio sang fotografer.

Di sisi lain, orang-orang mengunjungi situs fhotografiuntuk mendapatkan gambar atau Fhoto yang bisa mereka gunakan untuk kebutuhan profesional mereka, seperti desain web, ikon, logo atau untuk penjualan merchandise.

Dari sini, jelas bahwa Kamu  harus menyesuaikan porfolio Kamu  dengan target pasar atau permintaan pelanggan dari masing-masing situs fhotografiyang Kamu  ikuti.

Satu saran terbaik yang bisa Admin berikan:
Kebanyakan Fhoto yang amat sukses, biasanya berupa gambar yang amat sederhana dengan latar belakang putih.

Sebagai contoh, ada begitu banyak orang yang membutuhkan Fhoto atau gambar yang sederhana dari kucing, dimana mereka dengan mudah mengganti latar belakang sesuai kebutuhan. Dalam banyak hal, background putih adalah terbaik!

Kesimpulannya adalah, semakin sederhana sebuah foto, semakin besar peluang sukses di situs stok fotografi.

Bagaimana cara Admin dibayar?
Nah, ini dia pertanyaan paling kita suka. Hehe....

Masing-masing situs stok Fhoto memiliki aturannya sendiri dalam hal pembayaran kepada kontributor mereka. Biasanya, Kamu  harus menunggu penghasilan mencapai batas pembayaran tertentu yang berkisar antara $50 - $100 sampai bisa dicairkan.

Dalam hal ini, Kamu  harus memeriksa kebijakan masing-masing situs dalam hal aturan pembayaran, metode apa yang digunakan, batas minimum dan sebagainya, sebelum Kamu  memutuskan mendaftar ke mereka.

Kebanyakan situs menawarkan lebih dari satu cara pembayaran, seperti melalui Paypal, transfer bank dan juga melalui cek.

Siapa saja yang bisa mengikuti program ini?
Biar Admin tegaskan hal ini. Mereka yang bergabung untuk menghasilkan uang dari stok fhotografiadalah para profesional di bidang fhotografi, atau paling tidak mereka yang hobi dan sangat menyukai dunia fotografi. Dan tulisan ini Admin dedikasikan untuk mereka.

Jadi, jika Kamu  bukanlah seorang fotografer profesional, bukan juga pehobi fhotografi, maka program ini bukanlah untuk Anda.

Apa saja yang Admin butuhkan?
Seorang fotografer memerlukan beberapa perlengkapan sebelum menekuni bisnis fhotografionline, di antaranya:

    Kamera profesional atau biasa disebut kamera DSLR
    Komputer dengan koneksi internet yang memadai
    Adobe Photoshop (tambahan namun sangat direkomendasikan)
    Adobe Illustrator, jika Kamu  ingin membuat gambar sendiri selain Fhoto (tambahan namun sangat direkomendasikan)

Tips sukses menjual stok Fhoto online
Inilah beberapa tips sukses bagi Kamu  untuk memaksimalkan penghasilan dengan menjual Fhoto online:

    Jika Kamu  memiliki website/blog, halaman Facebook, Twitter, LinkedIn, Google+ atau akun media sosial lainnya, maka promosikan stok fhotografiKamu  di sana.

    Manfaatkan Google Trends, AdWords Keyword Planner atau Bing Keyword Tool untuk menemukan keyword pencarian tertinggi, lalu tag foto-foto Kamu  dengan keyword tersebut agar memperoleh rank cukup baik di mesin pencari.

    Periksa sekali lagi, pastikan Fhoto Kamu  100% baik, sebelum menguploadnya ke salah satu situs stok fotografi.

    Bacalah dan pelajari alasan penolakan dari Fhoto yang Kamu  kirim. Hampir semua situs memberi alasan mengapa stok Kamu  mereka tolak. Kemudian Kamu  bekerja keras memperbaiki kualitas portfolio Anda.

    Jangan berlebih 'memoles' Fhoto Kamu  menggunakan software image editing (ingat, yang menggunakan Fhoto Kamu  biasanya adalah para profesional desainer grafis). Dan usahakan selalu menggunakan latar belakang yang bersih dan simpel.

    Lihat dan pelajari situs para fotografer profesional lainnya yang telah sukses. Lihat bagaimana karya-karya mereka.
    Jangan pernah mengupload banyak Fhoto yang sama, hal ini bisa merusak reputasi Kamu  di mata situs stok fotografi.

    Pertimbangkan untuk menjadi eksklusif, jika Kamu  memilih atau lebih suka bekerja sama dengan satu situs stok fhotografisaja.

    Tawarkan beberapa Fhoto secara gratis, untuk mendatangkan pembeli agar mereka mengetahui karya-karya Anda.

Nah, bagaimana? Jika Kamu  adalah seorang fotografer profesional ataupun seorang pehobi berat dunia fhotografi, namun belum mengetahui atau belum mencoba peluang ini, agaknya Kamu  harus mulai mengambil ancang-ancang.

Sudah saatnya stok Fhoto Kamu  menghasilkan uang, jangan biarkan karya Kamu  hanya sekadar tumpukan arsip tak berguna.

Sumber ref : Portal-uang
thumbnail
Judul: Trik Make Money dengan menjual Foto
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh

Artikel Terkait Alternatif Google AdSense, BISNIS ONLINE, INFO SEO, TIPS TERBARU :

3 comments:

  1. mantap bro..
    mampir ke gubuk ane ya
    http://bacadroid.blogspot.com/

    ReplyDelete
  2. wah, klo fotografer di jadikan bisnis .. oke juga tuh
    Baca juga Info Komunitas Online Megapolitan => Infonitas.com

    ReplyDelete

 
Copyright © 2013. About - Sitemap - Contact - Privacy - Dislaimer
Template Seo Elite oleh Bamz